Melelahkan

        Entah kenapa minggu kemarin terasa cukup berat bagiku mulai dari badan terasa lemas, berat dibagian pundak dan hati pun ikut merasa letih (ini bukan tentang rasa perasaan). Semua bermula ketika minggu kemarin kita disibukkan dengan mempersiapkan brief renstra yang isinya penjelasan program, evaluasi dan rencanya tahun berikutnya. Sebenarnya tugasku sudah selesai untuk brief yang diminta, tetapi ternyata tim kita butuh visualisasi dalam bentuk video agar ketika mempresentasikannya tambah menarik. Tiba-tiba lah gua dihubungi dan ditanyai bisa menjahit video atau tidak dan gua jawab tinggal siapin benang sama jarumnya saja, hahaha. Tapi setelah itu gua sampaikan kalau pernah buat video tapi itu duluuuu. Dan akhirnyaaa,, yaa begitulah, gua dapet tugas tambahan untuk itu. Haha..

        Gua mulai mengerjakan tugas tersebut dihari jum`at, gua coba menyusun konsep yang akan gua buat. Seperti apa bentuk opening, isinya apa saja dan closing seperti apa. Dan gua susun semua konsep itu didalam kepala. Tiba-tiba gua didatengin mandor (pemberi tugas), menyampaikan konsep yang hampir sama dengan yang sudah saya pikirkan, tetapi yang terbesit didalam kepala ini ialah bagaimana mewujudkan konsep ini yang salah satu komponen kebutuhannya ialah data-data. Terus dijawab “cari aja datanya di internet”.. whattt..!!! , udah ditugaskan menjahit, masih disuruh cari dan pilih benang, kain, dan ukuran sendiri?? Luar biasaa..

           Dengan tekat yang membara, gua mencoba menyicil pekerjaan yang gua akan laksanakan. Mulai dari mencari-cari bahan pertama yaitu terkait video-video aksi yang pernah kita laksanakan. Setelah gua lihat diserver, ternyata kita hanya memiliki banyak dokumentasi berupa foto, sangat sedikit yang berbentuk video, dokumentasi bentuk video biasanya disimpan oleh tim media yang berada di lantai berbeda. Dengan tekat yang kuat, habis dzuhur gua pergi ke bagian media untuk meminta video dengan membawa Flashdisk. Sesampai disana ketika sedang menyampaikan maksud dan tujuan untuk meminta beberapa dokumentasi, gua ditanya “mau copy pake apaan?” “ FD” “wahh, ga bakalan bisa, udah pinjem harddisk sini aja, nanti dibalikin, pinjam ke mba itu.!”,”ow gitu, okeoke”..

        Ketika gua lihat mereka ketika membantu mencarikan data yang dibutuhkan, ternyata tersusun dengan rapi. Mulai dari folder siapa yang take video. Terus tahun berapa diambil. Terus bulan berapa diambil, terus tanggal berapa di ambil, dan baru sampai ke video mana yang mau diambil.. prosesnya panjangg.. hari itu gua mendapatkan insight kalau file video itu gede-gede dan jangan sekali sekali cuma bawa FD walaupun 32 GB untuk copy nya. GA BAKALAN CUKUP BOS.

           Nahh, selesailah gua mengambil video tersebut dan kembali ke meja gua. Gua coba cek-cek video yang bagus bagus, harus cermat melihat sekian banyak video dan memilih yang terbaik dari yang banyak. Hehe.. itu saja sudah memakan waktu cukup banyak. Hingga dapatlah beberapa video yang gua sebut video awal untuk gua merajut video yang dibutuhkan. Ternyata masalah tidak cukup sampai disitu gaes. Gua coba buka program yang akan gua gunakan, gua coba beberapa video gua import. Awalnya sih berjalan dengan baik, terus lama-lama, gua coba play, kok ga bisa, kok gak jalan. Lahh ini mah errorr , dan akhirnyaa gua bingung,, wkwkwk.  Niat baik mau ngerjain, malah Video Editor yang gua gunakan error. Setelah mereka ulang kejadian dahulu ketika gua membuat video, sampailah pada satu titik gua mendownload ulang video editor yang DULUU BANGET gua gunakan.. yahhh, back to jadoel lagi dong.. hhhm  yaa gak apa apa lah, dari pada tugas ga kelarr kan.. dan akhirnya gua pake Vegas Pro 15. Dan gua coba running lah programnya dan mengimport beberapa file. Dan ketika gua akan melakukan creat text, terjadilahh ......

Okee, next chapter yak kita lanjutin.