Masalah API Key Invalid saat pembelian Paket Kartu Prakerja, Solusinya dan Cara Menyelesaikannya



Hai Readers, Kamu Mendaftar kartu Pra Kerja? sama dong dengan mimin. nah disini saya akan berbagi beberapa solusi dari berbagai macam permasalahan yang terjadi di Kartu Pra Kerja salah satunya yaitu API Key Invalid. sebelumnya kamu pendaftar Gelombang ke berapa? kalau mimin gelombang ke 4. 

    Mimin kemarin juga mengalami hal demikian berkaitan dengan kartu Pra Kerja. Dari yang mimin alami, kejadian tersebut terjadi di beberapa Platform yaitu, Pijar Mahir, Pintaria, dan platform lain. nah, awalnya mimin juga cukup prustasi dengan apa yang terjadi. beberapa hal yang sudah mimin lakukan yaitu : 

    1. Menghubungi Customer Service Penyedia Kursus 

    Langkah yang paling simple dan tercepat ketika kita mengalami kegagalan ketika ingin registrasi Kartu Pra Kerja yaitu menghubungi CS Penyedia Kursus, waktu itu mimin mencoba menghubungi CS Pintaria dan bersyukur Respon dari CS nya pun baik dan cepat. tetapi jawaban yang mimin terima dari CSnya yaitu ada beberapa kursus di Pintaria sedang mengalami perbaikan, maka dari itu disarankan untuk memilih kursus yang lain. pada saat itu dibalas dengan banyak judul Kursus, yang mimin pun kebingungan ketika melihatnya, ntah CS copy paste darimana yang intinya tidak menemukan solusi. setelah dirasa cukup untung usaha pertama, mimin pun lanjut ke usaha yang berikutnya. oh iya, untuk menghubungi CS Pintiaria bisa dengan fitur yang tersedia di sebelah kanan bawah yang tulisannya "Ada yang bisa dibantu?", tinggal teman-teman ketika aja dibawahnya dengan melengkapi beberapa peryaratan yang ada, seperti nama, alamat email, No. HP, dan Topik. Habis itu curcol deh di sana.


 

    

 

         2. Menghubungi Customer Service Kartu Pra Kerja 

    Pada saat sebelum mencoba, mimin berdiskusi dengan teman yang sudah menjadi peserta Kartu Pra Kerja Gelombang sebelumnya. Dia mengatakan apabila kita menghubungi CS Pra Kerja, maka akan dibalas lama, bisa sampai lebih dari 7 Hari, waktu yang cukup lama kan teman-teman, sangat rugi apabila kita menunggu begitu lama untuk jawaban yang tak pasti... huft, memang menunggu itu tidak enak. nahh, dengan semangat mimin tetap berusaha untuk mengirimkan email ke CS Pra Kerja, dan Hasilnya. tepat hari ini mimin posting yaitu hari ke 2 setelah mimin email, ternyata tidak mendapatkan jawaban sama sekali dari tim Prakerja, huftt.. maka berangkatlah kita ke usaha berikutnya.


    3. Memilih Kursus lain

    Sampai kita ke tahapan terkakhir, nahh setelah dua cara sebelumnya tidak mendapatkan kepastian, maka mimin mencoba pilih kursusan lain, walaupun sebelumnya sudah 3 kali mencoba kursus di tempat berbeda. teman menyarankan untuk mengambil di Skill Academy, dan berangkatlah mimin ke sana (maksudnya ke websitenya), semenjak pengumuman Skill Academy mengundurkan diri dari Mitra Kartu Prakerja, ternyata dia muncul kembali di Mitra yang lain.. engg ingg engg.. yahhh bebas sih.. yang penting tetap beri manfaat dan tidak melanggar aturan. dan setelah mimin coba mengambil di kursus tersebut, ternyata hasilnya ialah BISA..!!, Alhamdulillah, walaupun sedikit berbeda dari 3 kursus sebelumnya, tapi masih relate lah dengan yang mimin ambil. judul kursus yang mimin ambil yaitu Cara Dapatkan penghasilan melalui Blog, hehe.. dan inilah tulisan yang muncul dari sekian lama membuat Blog..

 

itu saja tips dari saya, sebagai hasil postingan dari Self-Assesment yang diberikan pada kursus yang saya ambil. tetap Semangat teman-teman, mari kita ambil ilmu dan manfaat sebanyak-banyaknya dari program pemerintah yang sedang berjalan. Semoga pemerintah lebih kreatif dan inovatif untuk membuat program untuk masyarakat agar menjadi Indonesia Maju 2045. Salam.